SEO adalah ?

Apa itu SEO?
Apa itu SEO?. Saya sudah menulis mengenai dasar-dasar Seach Engine Optimization atau SEO tetapi lupa untuk menulis 'Apa itu SEO'.

Jadi apa itu SEO? Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu teknik atau suatu proses untuk meningkatkan posisi halaman web ke posisi pencarian terbaik di search engine seperti:



apa itu SEO
SEO Dasar Google - Apa itu SEO?



Bagi saya, gambar diatas merupakan alur Search Engine Optimization yang sesungguhnya dari 'apa itu SEO', meskipun ada teman-teman yang tidak setuju.

1. Halaman Web. Pertama yang dilakukan adalah mempunyai halaman web dari blog atau website yang memiliki konten berkualitas.
2. Ter-index. Halaman-halaman web tadi harus terindex dengan baik di search engine seperti Google. Banyak cara untuk mempercepat index Google.
3. Posisi atau Ranking. Posisi atau ranking merupakan hasil SEO yang pertama. Setting SEO yang baik akan memberikan posisi atau ranking di Google yang baik pula, maka belajar SEO menjadi sangat penting.
4. Traffic. Posisi atau ranking yang baik di search engine tidak selalu mendatangkan traffic yang bagus juga. Perlu melakukan research di Google Keyword Tool untuk mengetahui keyword-keyword yang memiliki traffic yang baik di Google. Melakukan off page yang baik akan memberikan tambahan traffic diluar search engine.
5. Nilai. Ketika traffic pengunjung meningkat, apakah blog atau website anda dapat mendatangkan nilai yang diinginkan? jika belum, maka CRO atau Conversion Rate optimization sangat diperlukan.

Melakukan SEO harus mendapatkan nilai yang diinginkan, seperti penjualan produk yang membaik atau penghasilan dari iklan yang meningkat, tidak sebatas hanya mendapatkan ranking 1 di SERP Google.

SEO untuk Google tetap menjadi yang banyak dilakukan blogger maupun webmaster karena traffic dari Google sangat tertarget dan mayoritas pengguna search engine masih memakai Google sebagai alat pencariannya di Internet. Kombinasi dengan social media seperti Facebook dan Twitter aja sangat membantu proses SEO itu.

Materi dan panduan Google SEO sebagian bisa didapatkan di Blog SEO untuk Indonesia ini.

Ada 2 macam SEO Google, yaitu:

* On page SEO/In-Page/On-Site SEO:

SEO yang dilakukan pada apa yang ada di halaman web itu, seperti optimisasi judul, URL, meta tag, struktur halaman web maupun analisa kata kunci atau keyword density blog.

* Off Page SEO/Off-Site SEO;

Teknik SEO ini lebih kepada membangun jaringan atau membangun links, yaitu membangun bagaimana halaman web kita dapat diakses atau berhubungan dengan halaman web yang lain.


0 comments:

Post a Comment

 

Flickr Photostream

Twitter Updates

Loading

Meet The Author